GTP Tanam Puluhan Pohon Khas Bogor di Taman Cibalagung

kabar17.com – Gerakan Tanam Pohon (GTP) melakukan penanaman ke-205.  Kali ini, GTP menanam puluhan Pohon Kemang dan pohon Mahoni di Perumahan Taman Cibalagung RW 05, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Minggu (03/02/19).

Inisiator GTP, Heri Cahyono mengatakan, pohon Kemang merupakan pohon khas Kota Bogor, namun masih banyak anak muda sekarang belum begitu mengenal apa itu pohon Kemang. “Makanya kita tanam 20 pohon Kemang di sini pemberian dari Kebun Raya Bogor (KRB) agar anak cucu kita bisa menikmanti buah kemang dan bisa mengenal pohon khas Kota Bogor,” ucap Heri.

Selain pohon Kemang, lanjut Heri, GTP juga menanam pohon jenis Mahoni untuk penghijauan di daerah aliran sungai dan menahan longsor, sebab pohon Mahoni bisa tumbuh di mana saja dan pohon Mahoni juga di kenal sebagai obat penyakit malaria.

“Mudah-mudahan pohon ini, bisa tumbuh besar dan warga di RW 05 bisa melesatarikan pohon khas Kota Bogor dan buahnya bisa dinikmati anak cucu kita nanti,” ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya meminta KRB agar membuat koleksi pohon khas Kota Bogor. Selain itu, nanti pihaknya juga akan mencari pohon khas Bogor lainnya seperti pohon Ceremai untuk di tanam.

“Jadi kita punya koleksi-koleksi pohon yang menjadi cri khas Kota Bogor seperti , Ceremai, Gandaria, Kenari akan kita tanam secara bergantian dan kita akan sampaikan ke masyarakat agar masyarakat mengetahui ada pohon yang menjadi ciri khas Kota Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Golkar Budhy Setiawan menuturkan, penanaman pohon yang di lakukan oleh GTP di Kota Bogor ini sangat luar biasa, karena di lakukan oleh sebuah gerakan karena penanganan lingkungan tidak bisa di sebut gerakan yang parsial.

“Kalau kita menangani lingkungan seperti Jakarta harus juga di pengaruhi dari wilayah-wilayah sekitarnya. Saya harapkan GTP ini, bisa meluas sampai ke Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang untuk menangani masalah lingkungan terutama banjir di Jakarta,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua  RW 05 Ngangrang Supriyadi mengapresiasi penanaman pohon yang dilakukan oleh GTP di wilayahnya, sebab menanam pohon kegiatan yang sangat positif bagi masyarakat.

“Karena menanam itu untuk masa depan. Jika menanam sekarang, di masa depan kita akan menikmatinya. Saya berterima kasih kepada GTP telah memilih RW 05 untuk menjadi lokasi penanaman, karena wilayah kita berbatasan dengan sungai jadi kita usulkan di tanamnya di pinggir-pinggir sungai,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*