Gotong Royong Bersihkan Sampah, Kali Cibereum Kembali Normal dan Bersih

kabar17.com – Warga Kelurahan Mulyaharja dan Desa Sukamantri melakukan kerja bakti bersama membersihkan sampah di sepanjang aliran Kali Cibeureum, Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor, Minggu (1/9/19). Lurah Mulyaharja, Makmur Sofyan, mengatakan, sampah buangan di aliran kali tak hanya menghambat aliran air namun juga membuat warna air menjadi keruh dan bau. Dari itu, pihaknya senantiasa mengimbau warga agar tidak membuang sampah ke kali.

“Kali Cibeureum itu kan tidak hanya melalui Mulyaharja saja, tapi dilalui dua desa dari Kabupaten Bogor juga, yakni Desa Sukamantri dan Sukaharja. Lalu satu kelurahan lainnya dari Kota Bogor, yaitu Kelurahan Cikaret,” tutur Sofyan.

Ia menjelaskan, kebanyakan sampah terbawa dari hulu Kali Cibeureum yang ada di Pondok Bitung. Karena itu, dia yakin sampah-sampah di Kali Cibeureum bukan akibat tindakan warga Mulyaharja. “Kalau warga desa lain, saya nggak tahu ya apakah membuang sampah ke kali atau tidak. Lepas dari itu, disini kita lakukan pembersihkan Kali Cibeureum bersama sama warga dibantu unsur lain seperti BPBD, LPM, pelajar, Babinsa, Babinmas, termasuk ada camat Bogor Selatan dan ada bantuan dari hotel,” ucapnya.

Ia menegaskan, masyarakat disini sudah tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan. Karena di Mulyaharja sudah memiliki tempat pembuangan dan pengelolaan sampah atau TPS 3R (reuse, reduce, recycle). Jadi, warga disini mengumpulkan sampahnya nanti diambil oleh mosam untuk dibawa ke TPS 3R.

Selain itu, pihaknya juga sudah berkordinasi dengan OPD yang ada disini. Jadi, bukan hanya dengan masyarakat tapi dari dinas pun ikut ambil bagian. “Intinya bagaimana kita menormalisasikan kembali fungsi kali. Diharapkan kegiatan ini bisa merubah pola pikir masyarakat untuk tidak membuang sampah di kali,” harapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap. Karena ini tidak hanya di lakukan di Kali Cibereum saja tapi juga akan dilakukan di kali-kali yang lain. “Ini baru tahapan awal. Yang ikut kerja bakti sekitar 300 orang. Sebelumnya kita sudah melakukan normalisasi di Kali Cipinang Gading, di RT 3/4 Cibeureum Jempol, sekitar 2 minggu lalu atau awal Agustus kemarin. Kita juga sudah memberikan imbauan dan larangan ke warga agar tidak membuang sampah ke kali,” pungkasnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*