Geliat Kelompok Mina Karya Bersama Berbudidaya Ikan Hias

kabar17.com – Kelompok Mina Karya Bersama adalah kelompok Budidaya Ikan Hias yang berlokasi Jl. Wangun Tengah, Kp Cibalok Rt.03 Rw.05 Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur. Mina Karya Bersama dibentuk pada tanggal 4 Januari 2011 yang awalnya adalah komunitas penggemar ikan hias.

Saat ini, Mina Karya Bersama beranggotakan 10 orang dengan ketuanya Muyke Febriana. Saat ditemui Muyke mengatakan, terbentuknya Mina Karya Bersama ini, berlatarbelakang dari problematika yang sama yang dirasakan anggotanya. Baik dari segi teknis maupun kelembagaan.

Muyke menjelaskan, di Mina Karya Bersama ada beberapa jenis ikan hias yang di budidayakan mulai dari platydoras, agayxis, ancystrus, maanvis, corydoras dan panda. Untuk saat ini, jenis ikan hias yang banyak diminati yaitu jenis Rasbora Galaxy asal Myanmar. Dimana, permintaan dalam sebulan bisa mencapai 10 ribu ekor.

“Harganya mulai Rp.1500 sampai Rp 2000 per ekornya,” kata Muyke, Selasa (11/9/2018).

Muyke melanjutkan, untuk pemasarannya tidak begitu sulit. Kebanyakan dari rekan atau sesama budidaya ikan hias lokalan, dan ini, bisa merambah sampai ke Surayabaya, Mojokerto, dan Bandung.

“Budidaya ikan hias ini, adalah usaha yang real dan dapat mengurangi pengangguran, di samping sebagai motivasi bagi para pemuda untuk menjadi pengusaha yang handal dalam memahami permasalahan. (yd)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*