Gelar Uji Petik Emisi, Dishub Kota Bogor Jaring 700 Kendaraan

kabar17.com – Sebanyak 700 kendaraan non umum atau mobil pribadi terjaring dalam kegiatan uji petik emisi gas buang yang dilaksanakan Dishub Kota Bogor di Jalan Semeru, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (23/10/19).

Kegiatan uji petik emisi gas buang dilaksanakan selama tiga hari dan bekerjasama dengan instansi kepolisian serta Denpom 3/1 Bogor. Dilibatkan juga bengkel Honda, Isuzu, Daihatsu, Toyota, dan Mitsubishi.

Kasi pengujian KIR Dishub Kota Bogor, Rudi Partawijaya mengatakan, kendaraan yang di uji petik emisi gas buang yang menggunakan bahan bakar solar dan bensin. Setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan Co/hc tester dan Smoke tester, kendaraan yang lulus uji akan diberikan sticker lulus uji emisi gas buang dari Dishub Kota Bogor. “Bagi kendaraan yang tidak lulus, akan diarahkan untuk ke bengkel memperbaiki emisi gas buang nya,” kata Rudi.

Standar pengujian emisi gas buang berdasarkan aturan diantaranya, untuk kendaraan dibawah tahun 2007, Co maksimal 4,5 persen dan Hc maksimal 1200 ppm. Sedangkan kendaraan diatas 2007 Co maksimalb1,5 persen dan Hc maksimal 200 ppm. Rudi menjelaskan, tujuan dilakukan uji emisi gas buang untuk mengurangi pencemaran lingkungan hidup karena emisi gas buang itu berpengaruh terhadap polusi udara dan lainya.

Kegiatan inipun sebagai dukungan terhadap program pemerintah terkait pengembangan transportasi ramah lingkubgan di Kota Bogor. “Ini kegiatan hari ketiga dan ketika dilakukan pemeriksaan selama tiga, ada beberapa kendaraan tidak lulus uji emisi gas buang. Kami sudah mendata dan selanjutnya akan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda, kantor BPS,” jelasnya.

Kegiatan uji petik emisi gas buang dalam setahun dilaksanakan dua kali, diantaranya di awal tahun dan di akhir tahun. “Untuk tahun 2019 ini sudah dua kali dilakukan,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*