Gelar Festival Silat Sinar Kencana Cup I

Kabar17.com – Perguruan Silat Sinar Kencana dari Pondok Pesantren Daarul Uluum Bantar Kemang, menggelar Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I di lingkungan pesantren Jalan Durian Raya No. 76/219 Bantar Kemang, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor.

Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) I IPSI Jawa Barat, Dedi Haryadi menyampaikan, kegiatan ini, digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan sekaligus bagian dari rangkaian Hari Santri pada bulan Oktober lalu.

“Even ini, selain sebagai ajang silaturahmi dan cara melestarikan budaya juga sebagai ajang mengasah bakat generasi muda untuk siap menghadapi ajang-ajang selanjutnya,” kata Dedi saat membuka acara, Sabtu (10/11/18).

Sementara, Ketua Umum Perguruan Silat Sinar Kencana, H. Hasbulloh mengatakan, festival ini, diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 10 – 11 November 2018.

“Agenda ini, kami selenggarakan sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh perguruan Silat Sinar Kencana Se-Jawa Barat I, yaitu Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Suka Bumi dan Cianjur,” terang Hasbulloh.

Menurut Hasbulloh dengan dilenggarakannya festival pencak silat ini, menjadi bukti bahwa, pencak silat itu, dari zaman dahulu mengakar di lingkungan Pesantren. “Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat, bahwa tidak mungkin perjuangan kemerdekaan dilakukan oleh para pahlawan kalau mereka tidak belajar bela diri, yaitu pencak silat. Inilah bukti, bahwa pencak silat dari dulu sampai sekarang mengakar di lingkungan pesantren,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga Hasbulloh menyampaikan, bahwa perguruan silat sinar kencana siap bersinergi, baik dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Pemerintah Jawa Barat dan juga seluruh masyarakat yang ada untuk pengembangan seni budaya silat di Kota Bogor.

Hasbulloh juga menyampai terima kasih kepada H. Joko Purwanto selaku anggota DPR RI yang mensupport penuh acara ini, sehingga bisa terselenggara dengan baik. Ia pun berkomitmen sebagai anggota DPR RI untuk melakukan pembinaan dan pengembangan seni budaya di Kota Bogor dan Cianjur.

Masih kata Hasbulloh, sekarang ini, sudah ada Pekan Olah Raga dan Seni Pesantren Daerah (Pospeda), baik Pospeda tingkat Kota Bogor, tingkat wilayah maupun tingkat provinsi, dan di situlah prestasi cabang pencak silat semakin lama semakin meningkat. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*