Gandeng Bukalapak, Pemkot Bogor Luncurkan Sepeda BukaBike

kabar17.com – Bekerjasama dengan Bukalapak, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meluncurkan BukaBike, layanan peminjaman sepeda berteknologi dari Bukalapak. BukaBike ini, menggunakan sistem QR code yang dilengkapi dengan smart lock dan solar panel technology. BukaBike dapat dipakai dengan cara memindai QR Code atau memasukkan kode yang ada di sepeda untuk membuka kunci. Untuk melakukan pemindaian, pengguna dapat mengaksesnya melalui aplikasi Bukalapak.

“Tidak perlu lagi mendaftar, tinggal klik di fitur BukaBike. Setelah memindai QR Code atau memasukkan kode, sepeda dapat langsung dipakai. Setelah dipakai, tinggal taruh saja, tapi harus dikunci,” jelas CEO Bukalapak Achmad Zaky, saat peluncuran BukaBike di Pedestrian SSA (Underpass Pedestrian KRB) Rabu (24/4/19).

Zaky mengatakan, pada fitur BukaBike terdapat pembaca jarak tempuh dan maps lokasi. Bukalapak juga bekerja sama dengan pihak keamanan dalam hal ini, Satpol PP, Park Ranger, dan Dishub agar sepeda ini tidak disalahgunakan dan dipakai di luar wilayah.

“Untuk keamanan kita lengkapi sepeda ini dengan GPS jadi bisa dilacak. Di samping kita juga bekerjasama dengan pihak keamanan di pedestrian. Sementara ini, Bukalapak baru menyiapkan 10 unit sepeda yang dapat digunakan di seputaran SSA lingkar Istana-Kebun Raya Bogor secara gratis dengan menggunakan aplikasi Bukalapak. Nanti akan kita tambah lagi seiring bertambahnya stasiun tempat sepeda ini disimpan,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan, Ini pertama di Indonesia. Tujuannya meningkatkan animo warga untuk berolahraga dan menarik wisatawan. Karena ini sensasinya berbeda. Apalagi ini gratis. Bisa berkeliling istana dan Kebun Raya dengan sepeda. Kalau ini bisa menarik wisatawan pastinya bisa menambah PAD juga.

“Sekarang ini, baru ada satu titik yang menjadi stasiun penyimpanan sepeda. Nanti ditambah di titik lain. Bisa di daerah Suryakencana, di Padjajaran, mungkin. Yang penting jalurnya dulu steril. Ketika jalurnya sudah ada kita bisa tambah lagi. Ini seiring dengan pembangunan infrastruktur. Yang penting sekarang kita paskan dulu sistemnya ini berjalan,” ujar Bima. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*