Gali Potensi Masyarakat, PKK Dramaga Gelar Lomba Membatik

kabar17.com – Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pokja 2 Kecamatan Dramaga mengadakan lomba membatik tingkat Kecamatan Dramaga yang di ikuti 9 desa se-Kecamatan Dramaga, Selasa (30/7/2019)

Ketua tim penggerak PKK Kecamatan Dramaga, Ai Titin Supartini mengatakan, ada yang menarik dan unik dalam lomba membatik ini, yakni dengan menggunakan media katun minyak, bayclin (pemutih pakaian-red) dan cotton bud, yang terinspirasi bahwa membatik identik dengan tehnik yang sulit. Dengan tehnik membatik memakai bayclin dan cotton bud merupakan media yang bisa di jangkau oleh masyarakat, serta tingkat kesulitan nya pun bisa di antisipasi.

Ai menuturkan, membatik yang diterapkan kepada kader-kader pokja Desa. Dan setelah diadakan lomba tersebut cukup luar biasa dan antusias dari masyarakat Dramaga. Dengan kreatifitas mereka secara tidak langsung muncul,” terangnya

Sebagai warga negara indonesia harus mencintai batik dan batik salah satu icon khususnya indonesia. Dengan cara tehnik membatik memakai bayclin tidak menghilangkan seni batik itu sendiri. Akan tetapi kita mencoba menginovasikan tehnik dari bayclin atau pun canting, lebih susah yang harus memerlukan kelatihan yang luar biasa, tapi dengan tehnik yang berbeda menggunakan bayclin tetap masyarakat memahami betul budaya batik yang merupakan warisan leluhur dan mereka dapat mencintai dan melestarikan budaya batik,” pungkasnya (Yud)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*