Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019

kabar17.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor melakukan evaluasi fasilitasi kampanye pemilihan umum tahun 2019 bersama seluruh stakeholder yang terkait dengan kegiatan kampanye 2019. Evaluasi dilangsungkan di Bumi Katulampa, Kota Bogor, Rabu (31/7/2019).

Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin mengatakan, hingga akhir Juli ini, KPU RI memerintahkan KPU provinsi, kabupaten dan kota untuk melakukan evaluasi fasilitasi kampaye pemilu 2019. Ini dilakukan KPU RI mungkin ingin membuat format yang lebih baik lagi terkait dengan kampanye mendatang misalnya di 2024.

Samsudin menjelaskan, KPU kota dan kabupaten melakukan evaluasi bersama dengan seluruh stakeholder yang terkait dengan kampanye seperti yang hadir disini perwakilan dari pemerintah daerah. Ini kaitannya dengan pemasangan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampaye di daerah. Kemudian Bawaslu selaku pengawas, parpol sebagai peserta pemilu dan juga media yang hubungannya dengan pemasangan iklan di media massa.

Ada tiga hal yang disoroti peserta pemilu untuk menjadi bahan evaluasi KPU di pemilu atau kampanye ke depan. Pertama, waktu kampaye yang terlalu lama yaitu 7 bulan. Rekomendasinya maksimal 4 bulan sehingga energi yang dibutuhkan untuk kampaye lebih sedikit.

Kedua, pembuatan spanduk dan baliho mereka nilai tidak efektif terutama dari segi jenis dan jumlah. Jadi mungkin mereka lihat kurang banyak. Dalam hal ini, KPU memfasilitasi pembuatan spanduk dan baliho sesuai keuangan negara.

Ketiga, iklan di media massa. Pada pemilu kemarin, iklan pilpres dan parpol itu diambil KPU RI di tingkat nasional. Sedangkan DPD oleh KPU provinsi. Masukannya ke depan yakni perlu juga diberikan ruang oleh KPU kabupaten dan kota untuk bisa memfasilitasi media di daerah. Karena setiap daerah punya kekhasan masing-masing. Dengan begitu selain media di daerah bisa hidup, upaya kampanye yang dilakukan bisa mengikuti kekhasan di daerahnya masing-masing.

“Hasil evaluasi ini, akan disampaikan secara berjenjang ke KPU RI melalui KPU provinsi,” ujarnya. (*/KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*