Dua Rumah Warga Rusak Berat Kena TPT Mall Boxies Yang Longsor

kabar17.com – Sebanyak lima rumah di kampung Sukajaya 3 RT 01 RW 06, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor rusak berat akibat terkena longsor. Rusaknya rumah warga tersebut akibat ambruknya Tembok Penahan Tanah (TPT) setinggi 6 meter dengan lebar 25 meter milik PT. Super Mall atau Mall Boxies 123. Longsoran tanah dan material TPT itu, menimpa beberapa rumah yang berada dibawahnya. Tanah longsor itu pun membuat jalan setapak milik warga sekitar tertutup material longsoran.

Daden, salah seorang warga terdampak menuturkan, meski sudah ada penanganan, dirinya masih merasa khawatir ada longsor susulan. “Pasti ada soalnya udah keliatan ini tanahnya. Saya juga mau siap-siap buat tanggul,” ucapnya, Minggu (13/10/19).

Menurutnya, mestinya pihak proyek membuat saluran air dulu baru bikin turap. “Ini kan belum ada,” katanya.

Soal kompensasi, ia mengaku sudah ditemui oleh pihak proyek. “Kemarin udah ngobrol sama itunya katanya mau diganti penuh,” kata Daden.

Sementara, Ketua RW 06 Bakroni mengusulkan agar dinding pager itu diperiksa lagi supaya lebih kuat jadi warga tidak merasa was-was. Apalagi sekarang musim hujan takutnya ada longsor susulan.

Ditanya soal kompensasi, Roni mengatakan, semua yang kena musibah ini saja yang akan mendapat kompensasi. Sementara ini, bantuan yang datang berupa kasur dari BPBD.

“Semua ada 17 KK dari 7 rumah. Rumah yang harus diganti ada 2. Dan semua sudah dilaporin termasuk materialnya sudah dicatat. Nanti begitu kontraktor datang tinggal di kasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, siang ini, rencananya akan dilakukan pertemuan kembali dengan pihak proyek. “Siang ini, mungkin habis dzuhur ada pertemuan,” ungkapnya.

Dari laporan Tim Pusdalops-PB dan TRC-PB BPBD Kota Bogor dilapangan, satu orang warga mengalami luka pada bagian kepala. Korban pun sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sedangkan warga yang rumahnya rusak dievakuasi sementara ke rumah ketua RW dan tetangga sekitar lokasi kejadian. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*