Dorong Anak Minat Membaca, Babakan Pasar Sediakan Fasilitas Taman Baca

kabar17.com – Kelurahan Babakan Pasar, kini memiliki taman membaca untuk anak-anak. Tepatnya di Kp Kebon Jukut RW10 Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Taman baca yang diinisiasi oleh Kodim 0606 Kota Bogor ini, secara resmi dibuka peruntukannya mulai Senin (12/8/2019).

Dandim 0606 Kota Bogor, Letkol Czi Aji Sujiwo yang meninjau langsung ke lokasi mengatakan, taman baca ini, didirikan untuk mendorong minat anak-anak untuk membaca yang sekarang ini terlihat jauh dari buku karena lebih adanya gadget.

“Kita prihatin karena anak-anak jauh dari budaya membaca buku. Harapannya dengan adanya taman baca ini, anak-anak memiliki minat membaca buku, mendapat ilmu pengetahuan dari buku, bertambah wawasannya dari buku,” ucapnya usai meninjau taman baca.

Ia menambahkan, dengan membaca karakter mereka bisa terbangun bahkan cita-cita mereka bisa dicapai. Bukan cuma melihat handphone dan main game. “Ini adalah yang pertama dan kita bekerjasama bersama CSR yang ada. Ke depan kita mengharapkan taman baca ini ada di setiap kelurahan. Dan ini akan kita coba di lokasi lain secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Sementara, Lurah Babakan Pasar, Rena Da Frina menyampaikan, kampung ini terdiri dari tiga RT dengan jumlah KK 300. Lokasi ini, dipilih karena warganya sangat guyub dan kompak ditambah lokasi ini tidak pernah sepi. Malam pun tetap ramai. Di samping itu, di sini juga ada kampung labirin. Sehingga bisa sekaligus berwisata.

“Ini sebenarnya posyandu yang dipakai sebulan sekali. Jadi, bisa bergantian penggunaan tempatnya. Dan karena di sini juga ada wisata kampung labirin, jadi kita siapkan fasilitas taman bacanya,” kata Rena.

Buku-buku di sini adalah sumbangan dari Yayasan Metropolitan Tali Peduli dan nanti ada tambahan sumbangan buku dari perpustakaan nasional yang dijembatani oleh ibu guru kembar.

Ini adalah tantangan untuk mengembalikan minat anak membaca buku karena sekarang penggunaan gadget sudah merambah ke anak-anak. Karena itu, disediakan fasilitas taman baca bagi anak-anak di kawasan padat penduduk. “Yang jelas di sini kita menyiapkan buku bacaan khusus anak-anak seperti dongeng, sejarah, pelajaran. Tidak ada buku dewasa,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*