Distani Bakal Luncurkan Program Sendok Tekan Stunting Anak

kabar17.com – Untuk menekan angka stunting, Dinas Pertanian Kota Bogor, akan mencanangkan program Senin Makan Endok (Sendok) dalam waktu dekat ini. Kepala Bidang (kabid) Peternakan pada Dinas Pertanian Kota Bogor, Drh. Wina, M.A menjelaskan, program Sendok ini, pertama kali dicetuskan oleh ibu Wali Kota Bogor, Yane Ardian yang dimaksudkan untuk menekan angka stunting di setiap kelurahan yang angkanya masih tinggi.

“Rencananya program ini, akan dilakukan pertama kali tanggal 19 Agustus mendatang. Kita dibantu stakeholder di bidang peternakan, federasi perunggasan, dan kelompok peternak ayam petelur,” terangnya, Rabu (7/8/2019).

Kenapa telur? Lanjutnya, karena angka konsumsi telur di Indonesia masih sangat rendah yaitu 125 butir per kapita per tahun. Sedangkan negara tetangga yakni Malaysia saja sudah 340 butir per kapita per tahun. Di samping itu, telur juga sangat murah. Cuma masalahnya di Kota Bogor, kadang-kadang orang tidak memakan telur karena diolahnya hanya diceplok atau di dadar.

“Jadi, ini merupakan satu rangkaian dengan program kita yang kemarin yaitu festival ayam dan telur. Kita akan sosialisasikan bagaimana cara mengolah telur yang enak dan kita akan membagikan telur secara gratis kepada anak-anak sekolah tingkat SD maupun PAUD agar mereka bisa terjaga pertumbuhannya dan angka stunting di Kota Bogor bisa ditekan,” jelasnya.

Selain itu, pada program ini, pihaknya juga akan melakukan kampanye, talkshow edukasi dan pembagian produk peternakan ke sekolah-sekolah. “Nanti kita juga bisa menggalakkan program grimis (gerakan minum susu) yang sudah diprogramkan sebelumnya. Jadi kita bisa bagi-bagi telur, susu, dan daging ayam. Intinya yang kita tekan angka stunting anak-anak,” ungkapnya. (*/KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*