Dinilai Terisolir, Ratusan Personil TNI lakukan TMMD di Desa Rabak

Kabar17.com – Melalui tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”,
kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0621/Kab. Bogor wilayah Korem 061/Sk ke-102 tahun 2018 resmi dimulai.

Upacara pembukaan dilangsungkan di lapangan sepak bola Luihalang Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Selasa (10/7/18). Bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Adang Suptandar mewakili Bupati Bogor, dengan Komandan upacara Up Kpt.Inf Khusnun Danramil Luiliang.

Pembukaan TMMD ditandai dengan penandatanganan naskah program TMMD, penyematan tanda peserta dan penyerahan sarana kerja secara simbolis oleh Irup. Adapun sasaran pada kegiatan TMMD ke-102 di Desa Rabak, Kecamatan Rumpin kali ini, yaitu pembangunan sasaran fisik pelebaran dan pengerasan jalan ukuran 3,7 km X 6 6, pembuatan bahu jalan kanan kiri 3,7 km X 1 m, pemasangan gorong-gorong di 3 titik dan renovasi rutilahu 3 unit, pembuatan pos kamling 1 unit, perbaikan mushola 1 unit, serta sasaran non fisik melaksanakan penyuluhan kesadaran bela negara, wasbang, pelayanan kesehatan, pelayanan KB, pendidikan, agama, narkoba dan pertanian, dimana pelaksanaan tersebut akan dilaksanakan selama 30 hari kedepan dari tanggal 10 Juli hingga 8 Agustus 2018.

Dalam sambutan Bupati Bogor yang dibacakan oleh Sekda menyampaikan apresiasi atas kegiatan TMMD yang dilakukan jajaran Kodim 0621, karena merupakan momentum yang menyatukan unsur Pemerintah Daerah, TNI dan rakyat dalam melakukan pembangunan yang secara terintegrasi mewujudkan visi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia.

“Saya mewakili Bupati Bogor dan Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Kodim 0621 Kabupaten Bogor dan semua pihak yang telah memberikan dukungan baik tenaga maupun materi dalam membuka isolasi melalui pembangunan fisik dan non fisik, serta meningkatkan dinamika kehidupan masyarakat Kampung Cijantur Desa Rabak dan sekitarnya, khususnya dalam aspek ekonomi,” ujar Adang.

Adang melanjutkan, kemanunggalan TNI dengan rakyat yang terbangun melalui kegiatan TMMD ini, memberikan gambaran nyata bahwa masyarakat menyadari, pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi juga merupakan tugas bersama seluruh lapisan masyarakat.

“Melalui kemanunggalan, kerjasama antara TNI, perangkat daerah dan seluruh masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan keswasembadaan masyarakat, baik dalam membangun sarana dan prasarana desa, maupun dalam kegiatan lain yang berpotensi meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjamin pertumbuhan ekonomi desa,” ungkapnya.

Sementara, Danrem 061/Sk Kol.Inf Muhammad Hasan berharap kegiatan kemanunggalan TNI dan rakyat seperti ini, dapat dilaksanakan kembali di masa mendatang dengan kebermanfaatan yang menjangkau lebih banyak warga dan sasaran yang lebih luas demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor.

“Kegiatan TMMD merupakan momen penting yang akan terus kita laksanakan secara berkala ditempat ataupun daerah-daerah terisolir sebagai wujud sinergitas TNI dengan Rakyat. Karena pembangunan yang kita laksanakan ini bukan tanggung jawab pemerintah saja melainkan tugas dan tanggungjawab kita bersama agar tercipta Kabupaten Bogor yang lebih maju,” pungkasnya.

Seusai upacara Danrem 061/Sk beserta tamu undangan dan didampingi pejabat Pemda Kab. Bogor melakukan peninjauan lokasi sasaran fisik secara langsung.

Turut hadir dalam pembukaan TMMD, Irdam III/Siliwangi Kol. Inf Pacanlan, Danrem 061/Sk Kol.Inf M. Hasan, Pjs. Dandim 0621/Kab.Bogor Letkol Arm Sabawa, Dandenma PMPP Letkol Mar Arif, Kasiter Rem 061/Sk Letkol Arm Asep Muspida, Kasdim 0607/Kota Sukabumi Mayor Chb Khoirul, Kasdim 0608/Cianjur Mayor Inf Suntoro, Kasdim 0621/Kab. Bogor Mayor Inf Tri Juang, Kasdim 0622/Kab. Sukabumi Mayor Inf Munte Kasdim Kab.Bogor Sukabumi, Kapenrem 061/SK Mayor Inf Ratno, Pakurem 061/Sk Mayor Cku Mus Mulyadi, Kasdam III/Slw Mayor Arh Jaka, Waka Polres Bogor Kompol Eko Prasetio, Kapolsek Rumpin Kompol Asep, Kasat Pol PP Kab.Bogor Edi Herdi, Lanud ATS Kapten AU Endang, Yonif 310 Kapten Inf Maman, Yon Armed 5 Kapten Arm Agus Armed, Dansub Pom Kapten Cpm Mandala, Danki Brimob Akp Rizki, Yon 14 Kopassus Kapten Inf M. Taufik, Kadis DPM Desa Prof Jabar Agus Hanafi, Perhutani KPH Bogor M.Suparjo, Dinas Damkar Makmur, Setda Sandy Praja, Disdik Kab.Bogor Asep, Direktur PDAM Kab.Bogor Jaenal dan Camat Rumpin Zulkifli serta para Danramil jajaran Kodim 0621/Kab. Bogor. (Penrem 061/Sk)

Post Author: kabar17.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*