Deklarasi Pemilu Bersih dan Berintegritas

Kabar17.com – Ketua Panwaslu Kota Bogor, Yustinus Eliyas mengatakan, deklarasi pemilu bertujuan agar tercipta pemilu yang bersih dan berintegritas dengan harapan para peserta pemilu dapat menjalankan proses-proses kampaye sesuai aturan yang ditetapkan.

“Setelah deklarasi ini, jika peserta pemilu melakukan pelanggaran maka bawaslu akan tegas menegur sesuai aturan dalam UU No. 7 tahun 2017. Jika teguran ringan hingga teguran keras tidak didengar, maka kita bisa merekomendasikan kepada KPU supaya calon peserta itu didiskualifikasi atau dibatalkan,” jelasnya usai acara deklarasi di Taman Ekspresi, Sempur, Minggu (25/11/18).

Ia mengungkapkan, pelanggaran banyak dilakukan dari para calon legislatif (caleg) terutama dalam hal pemasangan Alat Peraga Kampaye (APK) yang terpasang di tempat-tempat yang tidak disepakati.

“Untuk tingkat pelanggaran sampai sekarang masih seimbang belum bisa dikatakan dari partai mana yang pasti dari unsur caleg. Itu ada datanya di kecamatan. Sekarang kita lagi pemetaan dulu dimana saja terjadi pelanggaran. Nanti kita akan lakukan penindakan terhadap APK yang terpasang pada tempat-tempat yang tidak disepakati dalam hal ini, jalan-jalan protokol. Itu tidak boleh ada bendera ataupun alat peraga kampaye,” tegasnya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*