Dedie: Implementasi PSBB Dilaksanakan Serentak 15 April

kabar17.com – Sehubungan dengan telah turunnya rekomendasi Menkes terkait pelaksanaan PSBB di Kota Bogor, siang ini Gubernur Jabar akan memberikan arahan teknis khusus Bodebek. Selanjutnya akan dilakukan koordinasikan Forkopinda Kota Bogor melalui video conference yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 13 April 2020 besok sekitar jam 09.30 WIB.

“Hasil koordinasi saya dengan Kota Bekasi, Kota Depok disepakati implementasi PSBB dapat dilaksanakan serentak pada hari Rabu, 15 April 2020,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, melalui pesan singkat, Minggu (12/4/20).

Saat ini, lanjut Dedie, masih proses menyiapkan Perwali dan SK Walikota untuk teknis implementasi dan SK Daftar Penerima Jaring Pengaman Sosial Kota Bogor. “Dua hari kedepan ini, kita meminta kepada semua pihak untuk mempersiapkan diri menghadapinya PSBB misalnya merubah sistem layanan restoran atau rumah makan dari makan di dalam ke sistem take away atau pesan antar memanfaatkan ojek daring. Demikian pula sistem belanja yang sebelumnya dilakukan langsung ke pasar, nanti ditekan semaksimal mungkin dengan cara pesan on-line atau belanja kolektif,” terangnya.

Kemudian, masih kata Dedie, jam operasional angkutan dibatasi dari jam 06.00 sampai jam 18.00 WIB dengan jumlah penumpang hanya 50% dilengkapi dengan masker. Beberapa titik yang selama ini menjadi pusat kegiatan warga yang lalu lalang akan dilakukan pembatasan untuk menghindari kerumunan dan memaksimalkan social distancing.

“Untuk titik-titik lalu lintas antar wilayah terutama jalur antar kota, sesuai kesepakatan para kepala daerah akan terus dimaksimalkan pengurangan mobilitas warga khususnya yang tidak berkepentingan dan tidak terkait dengan hal-hal yang dikecualikan seperti bidang medis, logistik, telekomunikasi, kebutuhan pokok, distribusi barang dan industri strategis,” bebernya.

Ditanya soal stok pangan 300 ton yang akan dibagikan ke masyarakat sebelum bantuan pusat dan provinsi turun, Dedie mengatakan, stok beras masih di Bulog. “Pembagiannya nanti kita paketkan per 3 atau 4 kg yang distribusinya sesuai daftar,” ucapnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*