Dedi A Rachim Tinjau Workshop Pembuatan Mesin Pengolahan Kopi

kabar17.com – Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim di dampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Ganjar Gunawan melakukan peninjauan ke pabrik pembuatan mesin pengolahan kopi PD Karya Mitra Usaha di jalan Bogor – Dramaga, kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Selasa (21/5/19).

Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan ingin mengetahui sejauh mana perkembangan industri serta ingin mengetahui informasi lebih akurat industri di Kota Bogor.

“Ternyata ada industri yang membuat mesin pengolahan kopi dari hulu sampai hilir dan bukan hanya satu, di Bogor industri mesin pengolahan kopi ada tiga salah satunya disini,” ucap Dedie di sela kegiatan.

Hasil produk dari PD Karya Mitra Usaha ini lanjut Dedie sudah di serap oleh pasar di seluruh Indonesia. Industri pengolahan kopi cukup berkembang di Kota Bogor, mungkin Pemkot Bogor bisa melihat industri apa lagi yang perlu didorong dan di permudah izin izinnya agar bisa menyerap tenaga kerja.

“Jadi kita mendorong industri yang ada di kota Bogor untuk menyerap tenaga kerja yang berasal dari kota Bogor, kalau bisa disini juga memproritaskan warga kota Bogor. Selain produknya berkualitas, kompetitif tetapi juga di hasilkan oleh warga kota Bogor,” katanya.

Sementara itu, KaDisperindag Kota Bogor, Ganjar Gunawan menuturkan PD Karya Mitra Usaha ini masuk kategori industri kecil menengah (IKM), belum bisa di bilang pabrik, jadi IKM seperti ini yang perlu di support oleh pemerintah. Menurutnya Disperindag Kota Bogor juga sedang membenahi database di bidang industri dan perdagangan.

“Jadi kita sedang tertibkan keluhan – keluhan yang muncul terkait perijinan OSS yang memang agak berbeda yakni belum terintegrasi, kedua terkait dengan zonasi ada beberapa IKM izin nya tidak bisa keluar karena zonasi nya dan tata ruang nya berbeda dengan dulu saat masuk wilayah kabupaten,” ujar Ganjar.

Di tempat yang sama, Sales Manager PD Karya Mitra Usaha, Ronald Hutahaean menginginkan kedepannya industri di Kota Bogor lebih meningkat dan lebih di kenal oleh masyarakat luas. Ia pun menerangkan bahwa produk yang paling banyak di pesan yaitu mesin pengolahan kopi, karena saat ini pemasaran kopi sedang meningkat.

“Selain pengolahan kopi PD Karya Mitra Usaha juga membuat mesin pengolahan kelapa, pengolahan sampah, pengolahan padi, pengolahan jagung,” tandasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*