Hadapi Kebakaran Gedung, BTM Gelar Simulasi

kabar17.com – Seluruh karyawan dan tenant di Bogor Trade Mall (BTM) dilatih menghadapi situasi kejadian kebakaran dan gempa saat berada di dalam gedung atau bangunan bertingkat, Selasa (6/8/2019). Pelatihan dan simulasi dilangsungkan di area BTM dengan dipandu oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor.

Centre Director Mall BTM, Andreas Slamet mengatakan, pelatihan ini, dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi keadaan darurat seperti kebakaran dan gempa bumi.

“Kami harus mengantisipasi apabila terjadi keadaan darurat. Selaku pengelola saya ingin memastikan keselamatan pengunjung. Oleh karena itu, secara rutin kita terus lakukan pelatihan seperti ini. Dengan latihan tim kita semakin mahir menggunakan peralatan keadaan darurat dan semakin cakap mengatasi situasi-situasi emergency,” ucap Andreas usai kegiatan, Selasa (6/8/19).

Andreas menerangkan, Mall BTM memiliki mitigasi dan menyiapkan dua hal yakni pertama, mempunyai satu orang yang memiliki skil bila keadaan darurat sehingga bisa mengatasinya. Kedua, metode kerja.

“Kita akan terus mengubah metode kerja evakuasi sesuai dengan situasi terkini. Kita dapat pelatihan dari Pemkot Bogor melalui pemadam kebakaran (Damkar) termasuk dengan peralatannya. Apabila ada peralatan baru yang memudahkan kita dalam melakukan evakuasi menangani keadaan darurat lainnya kita investasikan, karena kita anggap itu penting,” ucapnya.

Andreas juga menjelaskan, Mall BTM sendiri rutin melakukan latihan setiap satu bulan sekali mengenai cara mengatasi keadaan darurat oleh tim safety. Tidak hanya itu, Mall BTM juga sering melakukan pelatihan bersama yang melibatkan seluruh bagian.

“Setiap 3 bulan kita berlatih bersama dengan melibatkan tenant – tenant utama. Kemudian yang melibatkan seluruh unsur baik dari Damkar, Kepolisian, Dinas Kesehatan, tenant dan pengunjung kita lakukan setahun dua kali. Mudah mudahan kerja keras kita dan investasi besar ini, jangan sampai di pakai karena keadaan darurat itu tidak kita inginkan, tetapi kita harus siap,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pemeriksa Bangunan Gedung Damkar Kota Bogor, Joko Yulianto menyebutkan, kegiatan pelatihan antisipasi kebakaran ini adalah kegiatan rutin Mall BTM yang berkoordinasi dengan Damkar.

“Mall BTM sangat bagus, karena setiap tahun melaksanakan pelatihan. Untuk tahun ini, melibatkan Damkar. Di latihan ini, kami membawa satu unit mobil pemadam kebakaran untuk memberi tahu cara penyemprotan seperti apa,” kata Joko.

Joko menjelaskan, pihaknya memberikan pelatihan kepada karyawan Mall BTM dan tenant jika terjadi kebakaran dan bagaimana cara mengevakuasi pengunjung. “Mall BTM memiliki tangga darurat yang berfungsi dengan baik. Alat-alat pemadam kebakaran di sini juga berjalan dengan baik seperti hydrant, alarm dan rambu-rambu jalur exit,” jelasnya.

Ia berharap gedung-gedung tinggi di Kota Bogor sebaiknya melakukan pelatihan dengan pemadam kebakaran. Artinya tidak hanya menyiapkan dari sisi alat tapi juga dari sisi manusianya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*