Bebersih Sungai Ciliwung Sambil Ngopi di Pinggir Kali

kabar17.com – Untuk memperkenalkan budaya kopi lokal Indonesia kepada masyarakat dan menumbuhkan kepedulian terhadap kebersihan sungai Ciliwung, sejumlah komunitas kopi dan pecinta lingkungan menggelar acara Kopi Pinggir Kali di bawah jembatan Jalak Harupat, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (05/01/19).

Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, bahwa Kota Bogor memiliki tiga jurus dalam mengurusi sungai Ciliwung yakni tidak boleh berhenti, tidak bisa sendiri dan harus selalu berkreasi.

“Pertama, tidak boleh berhenti yaitu tidak ada libur. Kedua, tidak bisa sendiri harus berkolaborasi dengan komunitas dan warga. Ketiga terus berkreasi, ini kan model yang sangat kreatif menggabungkan barista ada disini,” jelas Bima.

Jika ketiga jurus ini di jalankan tambah Bima, maka akan mencapai tiga target di program Kota Bogor.

“Kalau ini di jalankan insha allah target kita akan tercapai yaitu kuwalitas hidup warga, mencegah banjir dan membangun kawasan wisata air dan kampung tematik yang terpadu,” kata Bima.

Sementara, Lurah Sempur, Rena Dafrina mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah bagaimana sungai Ciliwung bebas dari sampah. Dengan mengusung tema “Ngopi Asik Kali Bersih”, selain memperkenalkan kopi, dilakukan juga aksi bebersih di area sungai Ciliwung, pelepasan 5000 bibit ikan endemik sungai Ciliwung yakni ikan Soro dan ikan Nilem serta talk show tentang sungai Ciliwung.

“Karena sejalan dengan program walikota yaitu naturalisasi sungai Ciliwung. Nanti jika sungainya bersih baru kita akan tata bersama sama. Saat ini adalah bagaimana menggerakan warga agara tidak membuang sampah ke sungai,” kata Rena. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*