Bakal Dijadikan Pusat Kuliner, PKL Jalan Bata Direlokasi

kabar17.com – Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Suryakancana, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, mulai ditata per hari ini, Kamis (19/9/19). Penataan dilakukan mulai dari Jalan Bata hingga Gang Roda 7.

Berdasarkan data eksisting PKL yang berada di Jalan Bata pada siang hari berjumlah 34 sedangkan malam 114 PKL. Kemudian di Gang Roda 1 pada siang hari berjumlah 23 PKL. Gang Roda 2 sebanyak 8 PKL pada siang hari. Gang Roda 3 sebanyak 13 PKL, Gang Roda 4 sebanyak 10 PKL, Gang Roda 5 tidak ada PKL, Gang Roda 6 sebanyak 7 PKL, Gang Roda 7 tidak ada PKL, dan Jalan Surken 89 PKL. Rata-rata PKL tersebut adalah pedagang kering, pedagang basah, pedagang sayur, penjual rokok, penjual nasi, penjual buah, penjual barang antik/bekas, tukang jahit, service hp, dan campuran (pangkas rambut, jam tangan, batu akik, minuman, dll).

Dari rencana penataan ini, nantinya akan ada 77 PKL yang akan direlokasi/ditata yakni di Jalan Bata 40 PKL untuk pedagang kuliner legend. Gang Roda 1 ada 13 PKL. Gang Roda 2 sampai Gang Roda 5 ada 6 PKL yang semuanya adalah pedagang kuliner. Gerobak disiapkan dari bantuan CSR dengan ukuran dimensi (1,5m (P) x 1m (L) x 2m (T)).

Dirut PD PPJ, Muzakkir mengatakan, penataan ini, adalah tahap awal dari penataan fisik Pasar Bogor secara keseluruhan. Untuk sementara para pedagang direlokasi ke jembatan metro. Setelah pemindahan PKL ini selesai pekerjaan akan diteruskan oleh PUPR.

“Itu untuk pedagang siang. Kalau pedagang malam kita pindah ke Jalan Klenteng. Pointnya seluruh parkir motor tidak boleh ada di jalan. Semua harus pindah ke atas di Pasar Bogor belakang dan di depan plaza Pasar Bogor. Di Jalan Bata ini, akan dialih fungsikan menjadi kawasan kuliner khususnya kuliner-kuliner legend,” kata Muzakkir.

Ia menegaskan, pedagang basah/sayuran masuk PD. Pasar. Untuk pedagang kuliner legend yang sudah berjualan 10-35 tahun direlokasi ke Jalan Bata dan Gang Roda. Sedangkan pedagang yang tidak tertampung masuk ke Plaza Bogor lt. 2. Di Gang Roda 6 dan 7 tidak dapat digunakan sebagai relokasi PKL dikarenakan kontur jalan yang menurun.

Sementara, Kasatpol PP Kota Bogor, Heri Karnadi mengatakan, selama dua hari penertiban ini, pihaknya menurunkan 250 personil di siang hari. Kalau malam hari cuma 100 personil. “Fase pertama cuma dua hari yakni Kamis dan Jumat. Fase kedua adalah pemeliharaan sampai dengan hari Selasa malam. Di fase kedua itu, kita menurunkan 50-60 personil,” jelasnya.

Heri mengaku, seluruh pedagang sudah diinformasikan terkait hal ini. Bahkan, para pedagang juga telah direlokasi ke tempat yang telah disediakan. “Ada beberapa pedagang yang meminta tambahan waktu untuk persiapan dan pembenahan namun sudah tidak bisa. Kita tidak bisa memberikan waktu tambahan lagi, karena pekerjaan ini sudah sangat mendesak dilakukan per hari ini, sedangkan jangka waktunya 120 hari. Jadi, sudah pas di bulan Desember harus selesai. Jika mundur lagi akan berdampak pada penyelesaian pembangunan di lokasi ini,” ungkapnya. (*/KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*