Babakan Pasar Kenalkan Wisata Pulo Geulis

kabar17.com – Kampung Pulo Geulis, adalah sebuah kampung yang memiliki potensi wisata yang menyenangkan. Karena itu, kampung yang terletak di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, ini akan dijadikan destinasi wisata yang populer di Kota Bogor. Hal tersebut diungkapkan Lurah Babakan Pasar, Rena Da Frina usai melaunching buku Wisata Pulo Geulis Dalam Infografis yang dikenalkan langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat membuka mini bazar sembako dan UMKM di Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor, Kamis (24/10/19).

Rena menjelaskan, rencana pembangunan Kampung Wisata Pulo Geulis ini, bekerjasama dengan Panorama grup dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang sudah banyak menghasilkan kampung-kampung wisata di Indonesia. Mereka akan menggarap perencanaan ini selama tiga tahun dengan melakukan survey secara langsung.

“Ini adalah tahun pertama. Dimana, kita akan fokus pada pembentukan SDM melalui pelatihan-pelatihan khusus untuk warga Pulo Geulis, seperti pelatihan keterampilan, akuntansi, pembukuan, koperasi, pembuatan website, termasuk pembuatan buku infografis yang kita launching ini, untuk mendukung kampung wisata Pulo Geulis,” terangnya.

Rena melanjutkan, buku ini, akan menjadi media promosi Kampung Wisata Pulo Geulis. Jadi, yang belum tahu tentang Pulo Geulis bisa melihat di buku ini. Di dalam buku ada sejarah tentang Pulo Geulis yang keberagaman dan toleransi umat beragamanya bagus. Kemudian ada peta wisata Pulo Geulis, tempat-tempat kuliner legendaris, objek-objek wisata yang ada, dan tempat-tempat kerajinan kreatif. Buku ini, nanti akan diperbanyak dan disebar ke hotel-hotel, balaikota, dan mal.

“Rencananya seperti itu. Ini untuk menepis kekhawatiran warga bahwa tidak ada penggusuran atau relokasi di Pulo Geulis. Yang ada adalah penataan untuk memperbagus dengan menjadikan Pulo Geulis ini sebagai destinasi wisata,” ungkapnya.

Rena mengatakan, beberapa kawasan yang ditata yakni pedestrian Suryakancana, Jalan Bata yang akan dijadikan pusat kuliner legendaris, dan bantaran kali Kebon Jukut yang ada di wilayah RW 10. “Bantaran kali itu, akan kita jadikan Green Canyon, tahun depan. Kalau itu sudah selesai saya mau mengadakan bazar terapung disana. Pembangunannya diperkirakan menghabiskan dana Rp100 juta yang anggaran itu berasal dari dana CSR,” jelasnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengharapkan buku panduan Wisata Pulo Geulis Dalam Infografis ini, diselaraskan dengan beautifikasi sehingga bisa mengundang wisatawan datang ke Kota Bogor. “Beautifikasi itu adalah bagaimana kita menjadikan wilayah ini bersih, hijau, tertib, aman dan nyaman. Ini akan menjadi gambaran baru bagi masyarakat bahwa Kota Bogor punya satu ikon wisata yang luar biasa,” pungkasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*