Aspem Dan Camat Bogsel Pantau Normalisasi Sampah di Kelurahan Pakuan Bogor Selatan

kabar17.com – Asisten Pemerintahan (Aspem) pada Sekretariat Daerah Kota Bogor Irwan Riyanto didampingi Camat Bogor Selatan Hidayatulloh, Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Dimas Tiko Prahadisasongko dan Lurah Pakuan Arif Hidayat meninjau normalisasi sampah liar di Kali Cibalok wilayah RW 06 Kelurahan Pakuan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Sabtu (24/1/20).

Irwan mengatakan, apresiasi untuk jajaran Kelurahan Pakuan dan DLH Kabid Persampahan Kota Bogor, dibantu Camat, Lurah, Kamtibmas, Babinsa, LPM, BKM, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat gerak cepat turun ke wilayah mengatasi sampah dan setelah melakukan normalisasi sampah liar. Hari ini, Lurah dibantu DLH Kota Bogor bersama sama duduk bareng mencari solusi untuk warga agar tidak membuang sampah lagi sembarangan, jadi disini bisa lakukan pengelolaan sampah dimana nantinya masyarakat akan belajar mengolah sampah organik dan non organik.

Ditempat yang sama Lurah Pakuan Arif Hidayat mengatakan, dalam kegiatan normalisasi kali Cibalok hari ini berjalan lancar dengan dukungan warga serta semua pihak. Turut hadir Asisten Pemerintahan (Aspem), dan Camat Bogor Selatan untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada warga.

Masih kata Arif, target saya punya jangka panjang dan jangka pendek kalo bicara jangka Panjang kali cibalok berdasarkan panjangnya dari hulu ke hilir kami juga akan melakukan kordinasi dengan kelurahan kelurahan yang berbatesan dengan kelurahan pakuan, adapun jangka pendeknya adalah titik yang kami normalisasi tadi salah satu titik yang ada dari titik titik yang lain yang sama harus di normalisasi.

Sementara Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Dimas Tiko Prahadisasongko, kegiatan DLH harini adalah bagian dari hasil pengecekan dilapangan bersama sama temen temen diwilayah kususnya di Kelurahan Pakuan pada Selasa (14/1/20) lalu. Kita coba akselerasikan secara cepat dalam hal ini dengan stakeholder Kelurahan Pakuan sehingga hari ini kita lakukan langsung normalisasi pembuangan sampah liar di kali cibalok ini.

“Sebanyak 200 karung sampah perkarungnya dengan berat 30 kg. Diestimasikan timbunan sampah yang bisa kita angkat hari ini kurang lebih sekitar 600 Kg lebih. Intinya DLH akan terus bergerak minggu depan kita akan jadwalkan kembali turun dan apabila minggu depan belum usai kita kerjakan lagi sampai ada target maksimal normalisasinya beres dan tidak ada lagi yang membuang sampah ditempat itu,” ungkapnya.

“Perihal sampah kita tidak hanya normalisasi dan mengangkut saja. ke depan kita akan lebih mendorong terkait edukasi kepada warga untuk memilih dan memilah sampah pastinya akan mengajak bidang lain di DLH Kota Bogor, untuk bekerjasama yang lebih spesifikasinya terkait sosialisasinya untuk pengelolaan dan sebagainya, tidak hanya itu kami juga akan melibatkan temen temen komunitas lingkungan hidup itu sendiri,” tambahnya. (Mym)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*