Angkot Modern Rasa Mobil Pribadi

Kabar17.com – Kenyamanan dan keamanan penumpang menjadi suguhan utama yang ditawarkan angkot modern Trans Pakuan Koridor (TPK) 4 rute Ciawi-Wr.Jambu-Ciparigi. Berbeda dengan angkot konvensional, angkot modern ini, memanjakan penumpangnya dengan sejumlah fasilitas yang setara dengan menaiki mobil pribadi.

Bersih, menjadi kesan pertama yang terlihat saat menaiki angkot ini. Adem, karena selama perjalanan penumpang tidak akan merasa panas karena kabin dalam angkot dilengkapi dengan pendingin yang menyejukkan. Pintu angkot pun selalu ditutup setelah penumpang naik maupun turun sehingga tidak akan terganggu oleh pengamen yang suka masuk tiba-tiba.

Selama perjalanan, angkot modern berplatform Suzuki APV atau Suzuki Mega Carry ini, menyiapkan kursi penumpang konfigurasi 6-4 berlapis kulit MB Tech, termasuk untuk kursi supir dan penumpang depan. Selain itu, di dalam angkot terdapat delapan USB port untuk mengisi daya baterai smartphone. Sambil menikmati perjalanan, penumpang bisa sambil menonton atau mendengarkan musik melalui suguhan audio head unit Sony, dan speaker Carpediem serta sebuah layar TV LED.

Yang tak kalah wah demi keamanan, angkot ini, juga dilengkapi dengan empat kamera CCTV yang terpasang pada bagian dalam dan luar angkot. Tidak hanya gambar, CCTV ini, juga merekam suara yang terkoneksi secara online dengan komputer Kantor KODJARI yang berlokasi di Jl Abdulah bin Nuh 135 AB, Bubulak, Kota Bogor. Jadi, bila penumpang mengalami masalah keamanan di angkot ini, bisa mendatangi kantor KODJARI untuk melihat rekaman dalam memudahkan proses penanganan oleh pihak Kepolisian.

Kenyamanan dan keamanan penumpang tidak sampai disitu. Pihak KODJARI juga memberikan kemudahan pembayaran dengan menyediakan alat tap untuk pembayaran cashless atau pembayaran non tunai. Jika belum punya, penumpang bisa membayar dengan uang cash atau bisa membeli langsung e-money pada pengemudi angkot yang dibekali seragam dan identitas.

Ketua Badan Pengawas Koperasi Duta Jaya Angkutan Mandiri (KODJARI) Dewi Jani Tjandra, mengatakan, angkot modern ini, dikembangakan melalui riset mendalam. Tidak saja dari suguhan fitur yang lebih lengkap namun juga dari sisi eksteriornya.

“Intinya angkot modern ini, akan jadi pilot project untuk menjadi angkot yang bersih, nyaman, dan aman. Kehadiran angkot modern ini, diharapkan bisa menarik kembali minat masyarakat untuk kembali menggunakan angkot, setelah tersisihkan oleh kehadiran ojek dan taksi online,” kata Dewi, Selasa (6/11/18).

Ia menambahkan, dirinya juga bersinergi dengan beberapa bank sehingga pembayaran bisa dilakukan secara cashless (tanpa uang tunai). Cara ini, tentunya lebih mudah, praktis dan murah yaitu Rp 4.000 sekali naik.

“Untuk tahap awal KODJARI sudah menyiapkan 26 unit. Yang sudah A2 untuk diproses BBN sebanyak 20 unit. Dan yang sudah BBN untuk dimohonkan faktur ada 11 unit. Diharapkan ke depan, program pemerintah ini, dapat merevitalisasi semua angkot baik di kota maupun kabupaten Bogor,” harapnya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*