Akibat Longsor, Rumah Kontrakan di Pulo Geulis Alami Kerusakan

kabar17.com – Rumah kontrakan di Kampung Pulo Geulis RT 01 RW 01, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor mengalami kerusakan akibat longsor, Kamis (29/8/19) sekitar pukul 07.30 WIB.

Saksimata Rohmah (52) mengatakan bahwa longsor tersebut terjadi di belakang rumah kontrakan yang dihuni oleh lis (45) dan anaknya, namun Rohmah tidak mengetahui pasti kronologis kejadian longsor tersebut.

“Iya, ngedenger suara teriak saya kira di babakan pendeuy taunya di rumah ibu itu, ada yang teriak tapi bukan korban ternyata yang teriak bapak-bapak lagi buang air di kali, karena kaget terus dia teriak,” ucap Rohmah.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Menurut Rohmah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun penghuni kontrakan mengalami luka di kepala dan menerima enam jahitan. “Tadi penghuni kontrakan sudah di bawa ke klinik terus di bawa lagi ke rumah sakit,” katanya.

Sementara itu, Lurah Babakan Pasar Rena Da Frina menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi lantaran rumah dibangun di bibir sungai. Padahal menurutnya pemerintah sudah memberi batas 15 meter dari bibir sungai.

“Bukan tanpa alasan pemerintah itu membuat batasan 15 meter dari bibir sungai, inilah kejadian kan dengan kondisi di aliran sungai mereka bangun bangunan yang tidak kokoh ketika masuk musim penghujan turun lah tanahnya,” jelas Rena.

Rena menuturkan bahwa rumah tersebut merupakan rumah kontrakan. Ia pun sudah mengimbau kepada pemilik kontrakan untuk tidak mengontrakan rumah di sisi sungai karena berbahaya. “Saya sudah memberi himbauan kepada RT/RW untuk tetap waspada bencana alam, terlebih saat ini sudah masuk musim penghujan,” terangnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*