9000 Siswa TK Belajar Manasik Haji

kabar17.com – Sebanyak 9.000 anak dari 350 sekolah taman kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Bogor mengikuti kegiatan manasik Haji rutin yang diselenggarakan Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kabupaten Bogor di Kebun Raya Bogor, Kamis (13/9/2018).

Ketua IGTKI Kabupaten Bogor Riyatmi mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini, adalah untuk mengenalkan sekaligus mengajarkan anak-anak tentang rukun islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah Haji.

“Jadi, kegiatan ini, sudah rutin dilaksanakan setiap tahun. Yang membedakan dengan tahun sebelumnya, hanya dari lokasi acara dan jumlah peserta. Jumlah peserta kegiatan manasik Haji pun selalu bertambah setiap tahunnya. Tahun lalu 8.000-an anak. Sedangkan tahun ini, diikuti 9.000 siswa dari 19 cabang IGTKI se-Kabupaten Bogor. Jika ditambah guru dan orangtua yang ikut jumlahnya sekitar 20 ribu orang, dan tidak ada paksaan kepada masing-masing sekolah untuk mengikuti kegiatan ini,” jelas Riyatmi yang juga memimpin sekolah di TK Bina Siwi, Ciomas.

Ia menjelaskan, untuk prosesi manasik Haji yang diajarkan dimulai dari memasuki maktab, kemudian berniat Haji dengan mengucapkan “Labbaik Allahumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, inna al-hamda, wa ni’mata laka wa al-mulk. Laa syariika laka”. Dilanjut shalat jamak taqdim dan qashar. Selanjutnya melempar jumroh lalu melaksanakan thawaf keliling Ka’bah. Selesai thawaf disunahkan mencium Hajar Aswad (batu hitam), lalu shalat sunah 2 rakaat kemudian melakukan sa’i.

“Ibadah Haji sejatinya adalah kewajiban umat muslim bagi yang mampu. Dengan mempelajari tatacara ibadah Haji secara langsung melalui kegiatan manasik, berarti kita telah memulai satu langkah menuju tanah suci Mekah. Harapan kami, dengan pembelajaran dari usia dini ini, suatu hari nanti anak-anak akan dapat menjalani rangkaian ibadah Haji yang sesungguhya,” pungkasnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*