14 Instansi Pemerintah Berkantor di Mal

kabar17.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) yang bernama Graha Tiyasa di Lippo Keboen Raya Bogor, Jalan Malabar 2 No.17A, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Denny Mulyadi mengatakan, MPP Graha Tiyasa ini, adalah gedung serba bisa yang memiliki 145 pelayanan perizinan dari 14 instansi untuk melayani masyarakat Kota Bogor.

“Pada Intinya tujuan dari didirikannya MPP Graha Tiyasa ini untuk memudahkan pelayanan publik, di sini ada pelayanan dari beberapa lembaga, bukan pemerintah daerah saja tapi ada juga dari pemerintah pusat, provinsi, BUMN, BUMD, dan yang lainnya,” ucap Denny usai peninjauan MPP Graha Tiyasa, Jumat (9/8/19).

Denny mengungkapkan, pihaknya terus mensosialisasikan MPP Graha Tiyasa secara masif dengan mengundang asosiasi, beberapa lembaga atau masyarakat, termasuk seluruh camat dan lurah.

“Sosialisasi tersebut untuk menginformasikan kepada warga, bahwa Kota Bogor kini sudah memiliki mal pelayanan publik untuk dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat Kota Bogor,” katanya.

Menurut Denny, MPP ini ada beberapa pelayanan yang bisa selesai dalam satu hari dan ada juga hanya sebatas informasi. Selain itu, untuk mencegah membludaknya pemohon, MPP mempunyai aplikasi yang bisa di download di playstore yang bertujuan untuk mendaftar secara online.

“Kami punya satu alat filter terkait pendaftaran. Di aplikasi MPP ada beberapa pelayanan yang bisa di piliih, kalau tidak bisa datang kesini langsung bisa daftar secara online,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Imigrasi kelas IA Bogor, Suhendra menuturkan, dengan hadirnya MPP ini bisa menambah kapasitas pelayanan selain di kantor Imigrasi, namun di MPP ini Imigrasi hanya memberikan pelayanan bagi pergantian paspor saja.

“Di MPP ini kami menambah 50 permohonan paspor perhari, sebagai awal kami memberi 50 nomor antrean. MPP juga sangat memudahkan masyarakat, artinya selain bertambahnya kapasitas pelayanan, tapi bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya. (KY)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*