1 Hari 11 Kejadian

Kabar17.com – Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kota Bogor pada Sabtu (10/11) sore, mengakibatkan sebelas kejadian terjadi dibeberapa wilayah. Dari laporan yang masuk ke Tim Pusdalops-PB dan TRC-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, peristiwa didominasi oleh kejadian banjir lintasan karena air sungai meluap.

Salah satu operator Tim Pusdalops-PB dan TRC-PB BPBD Kota Bogor Achmad Maulana mengatakan, laporan pertama diterima pada pukul 15.45 WIB yaitu kejadian tiang penyangga kabel bawah tanah milik PLN dan Telkom di Jl.Veteran Jembatan Sarijan RT 01/01, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, rubuh akibat arus debit air sungai Cisadane yang tinggi.

“Kemudian pukul 16.00 WIB diterima laporan adanya banjir lintasan setinggi 30cm merendam 5 rumah di Panaragan Pojok RT 03/07, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat. Pada pukul 16.45 WIB laporan kembali diterima perihal kejadian pohon tumbang di wilayah RT 03/RW 05 Masjid Al-Huda, Kelurahan Pasir Mulya, Kecamatan Bogor Barat. Akibatnya, pohon setinggi 10 meter dengan diameter dua meter menutupi halaman masjid,” ungkapnya.

Achmad melanjutkan, setelah tiga laporan kejadian diterima dan tim BPBD menindaklanjuti ke lapangan, tak lama masuk laporan atap rumah milik Suningsih ambruk di Kampung Loji Gg. Bambu Kuning RT 05/11, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat. Tak jauh dari rumah Suningsih rumah milik Hamzah di RT 01/RW 02 juga mengalami atap ambruk.

“Laporan kembali masuk pada pukul 18.00 WIB di Kampung Batakal RT 01/07, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, terjadi banjir lintasan setinggi 50cm hingga menggenangi dua rumah warga milik Jumiati dan Sumintarsih,” tambahnya.

Achmad menuturkan, laporan kejadian yang cukup mengagetkan kejadian pada pukul 17.00 WIB di RT 02/05, Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, pohon limus sepanjang 8 meter dan diameter 80cm tumbang menimpa tiga atap rumah warga mikik Sri Maesaroh, Oleh dan Dede. Kejadian ini, juga tidak menimbulkan korban jiwa seperti enam kejadian sebelumnya.

“Akibat intensitas hujan yang tinggi juga mengakibatkan orang hayut di Kali Ciapus RT 05/02 Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, diketahui korban bernama Mad Badri (62), beruntung korban ditemukan selamat walau sudah terseret aliran air Kali Ciapus sejauh 300 meter. Kejadian kesembilan diterima pukul 19.00 WIB yaitu longsor di Kampung Tugu Margasari RT 03/07, Kelurahan Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan. Kebun milik Amid yang longsor mengancam rumah milik Atang yang berada tepat dibawah kebun Amid. Tim kami sudah menangani sembilan kejadian yang diterima,” bebernya.

Masih kata Achmad, pukul 19.00 WIB laporan longsor juga diterima pihaknya di Sukasari 3 RT 07/01, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur yaitu longsoran dengan panjang 15 meter dan tinggi 25 meter mengancam rumah bagian belakang milik Hansen. Kejadian ini, membuat tim BPBD Kota Bogor segera memasang terpal menutupi longsoran itu.

“Kejadian ke 11 yaitu longsor tebingan dengan panjang 10 meter dan tinggi 5 meter yang mengancam sebuah bengkel motor milik Manulang di RT 01/06, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah. Semua kejadian tidak menimbulkan korban jiwa hanya kerugian materil. Tim BPBD juga sudah melakukan penanganan 11 laporan kejadian itu,” pungkasnya. (Tri)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*