Limbah Terus Mengganggu, PT.Rodeo Terancam Diserbu

rodeo

Semarang – Limbah berupa kepulan asap dari cerobong pabrik PT.Rodeo-Indowood di kawasan perbatasan Semarang-Demak membuat warga yang bermukim di sekitaran pabrik terganggu dan mengancam akan menyerbu PT.Rodeo.

Kepulan asap yang mencapai radius satu kilo meter menyebabkan timbulnya dampak negatif. Selain mengotori pakaian, kepulan asap dari cerobong juga memberikan dampak buruk pada kesehatan.

“Polusi udara sudah berlangsung hampir satu tahun. Bahkan pohon-pohon sengon dekat rumah mati,” tegas Bambang Sugito, warga Kampung Dusun Ngablak, Sayung.

Beberapa upaya komunikasi telah dilakukan warga dengan pihak perusahaan tersebut. Mulai dari demo hingga dialog dengan mendatangkan pihak aparat kepolisian. Hal itu dilakukan karena selama ini, menurut Bambang pihak perusahaan seperti tak mau tahu dengan persoalan tersebut. Yang lebih ironis, saat berdemo beberapa waktu lalu, seorang warga mengaku dihajar oleh preman yang diduga berhubungan dengan aksi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Manajer Personalia PT Rodeo-Indowood, T. Sunaryo mengatakan bahwa limbah tersebut memang merupakan kesalahan sistem di perusahaan baru yang merupakan anak cabang perusahaannya. Mengenai permasalahan tersebut di masyarakan, ia berjanji dalam 2 hingga 3 Minggu ke depan sistem kerja pembuangan limbah dapat terjadi dengan baik tanpa merugikan warga.

“Kami sedang mengupayakan supaya nantinya limbah dapat dibawa oleh over flow yang membawa grajen ke penampung cylow 2, sehingga grajen akan difilter oleh kantong-kantong udara. Lalu di dalam kantong akan keluar lewat pori-pori kantong. Sehingga nantinya grajen tersebut akan keluar sebagai debu,” jelasnya.

Oleh warga, jika manajemen tidak segera melakukan perbaikan, maka warga dengan jumlah yang besar akan menyerbu PT.Rodeo. (han/jak)

*

*

Current ye@r *

Top