Jelang Pemilu 2014, Daftar Pemilih Tetap Di Jateng Masih Banyak Yang Bermasalah

dpt masalah ditan

Semarang-Jelang pemilu 2014 mendatang, KPU Jawa Tengah, masih disibukkan dengan permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT)  yang bermasalah. Tercatat sebanyak 2 juta permasalahan  DPT yang tidak lengkap, meliputi, tanggal lahir, status perkawinan,  jenis kelamin, dan persamaan nama dan alamat yang tidak sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk.

DPT yang bermasalah tersebut terungkap dalam Rapat Kerja konsolidasi penyusunan perbaikan DPT pemilu 2014 yang dilakukan KPU Jawa Tengah Senin (28/10).

Di Jawa Tengah, DPT yang bermasalah, paling banyak berada di Kota Brebes, Tegal, Cilacap  dengan jumlah 1000 lebih yakni data yang tidak lengkap serta DPT yang tidak sesuai dengan NIK di KTP.

Bukan hanya itu,  pengadakan logistik dan kotak suara juga masih banyak yang bermasalah. Saat ini masih banyak kotak suara yang menggunakan kardus di daerah kota maupun kabupaten di Jawa Tengah. Meskipun  demikian, KPU juga  masih memanfaatkan kotak  suara bekas pemilu 2004 tahun lalu, karena kondisinya masih layak digunakan kembali.

Ketua  KPU Jateng,  Joko Purnomo mengatakan, hingga hari ini, KPU  masih berusaha memperbaiki DPT yang diduga ganda, dengan target penyelesaian DPT ditingkat kota. Sedangkan  untuk persiapan pemilu 2014, serta penyiapan logistik dipercepat pengecekanya, sehingga saat akan dilaksanannya pemilihan pemilu 2014 , tidak ada kotak suara yang rusak.

“Kami optimis pemilu 2014 mendatang berjalan sesuai rencana”, ujarnya.

Hingga kini KPU juga  masih menghitung DPT yang tidak lengkap, melalui pengecekan daftar pemilih dengan menggunakan sistem penjaringan operator. ” Bila mana masih ditemukan DPT ganda langsung dihapus oleh KPU yang di jaga para operator “, tegasnya. (dwi/fra)

 

.

Berita Lainnya

Tags

Related posts

*

*

Current ye@r *

Top