BPOM Semarang Sita Ratusan Jamu dan Obat Tradisonal Ilegal

jamu-ilegal ilegal

Semarang-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)  Semarang menyita ratusan ribu eksemplar produk jamu dan obat tradisonal ilegal yang mengandung bahan kimia obat (BKO) ,di Cilacap Senin (3/06) kemarin. Produk produk ilegal tersebut digelar di aula BPOM Semarang Selasa (4/06).
BPOM melakukan penggerebekkan di sebuah rumah Pabrik Jamu  Serbuk Manjur, di Desa Gentasari Kroya Cilacap, setelah petugas mendapat laporan dari masyarakat, mengenai adanya peredaran produk jamu, yang diduga mengandung Bahan Kimia Obat.

Setelah penggerebekkan dilakukan, diketahui bahwa Pabrik Jamu Serbuk Manjur itu terbukti memproduksi dan mengedarkan obat tradisional ilegal, serta mengandung bahan kimia obat jenis Chlorpheniramin Maleat-CTM dalam jumlah besar.

Bahkan, sejak 2009 lalu, pabrik rumahan tersebut sudah dua kali dilakukan penindakan,namun, tetap membandel.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen BPOM Pusat, Bahdar Hamid dalam konferensi pers di kantor BPOM di Semarang mengungkapkan, masih maraknya peredaran jamu yang mengandung bahan kimia obat itu, karena memang peminatnya di masyarakat cukup besar. Pasalnya, masyarakat menginginkan sebuah produk jamu yang “cespleng” secara instan.

“Ya kalau pabrik jamunya nakal ya kita tindak, tapi masih banyak juga pabrik jamu yang baik”, ujarnya.

Bahdar menambahkan, untuk memutus mata rantai peredaran jamu yang mengandung bahan kimia obat, pihaknya terus mensosialisasikan kepada masyarakat akan bahaya obat.

Sementara itu, dari hasil penggerebekan itu, petugas mengamankan seorang tersangka berinisial R, yang merupakan pemilik pabrik jamu. Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita 100.000 pak barang bukti berbagai jenis siap edar dan setengah jadi, dengan taksiran nilai ekonominya mencapai 3 milyar rupiah.

Untuk sementara, tersangka akan dijerat dengan UU No.36 tahun 2009 tentang kesehatan, ancaman pidana maksimal 10 tahun penjara, dan denda maksimal 1 Milyar Rupiah. (ris/fra)

Tags

Related posts

*

*

Current day month ye@r *

Top