Perubahan Data E-KTP Akan Dilayani Bulan Agustus

e-ktp

Grobogan- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Grobogan meminta warga untuk bersabar jika ingin mengubah data dalam E-KTP. Setidaknya, perubahan data tersebut baru bisa dilakukan awal Agustus mendatang.

“Contohnya, E-KTP yang direkam saat seseorang belum menikah, status di dalam E-KTP tersebut tentu saja ditulis belum kawin. Namun, selama proses pencetakan E-KTP ternyata orang tersebut melangsungkan pernikahan. Dan, saat E-KTP yang berisi data belum kawin itu diserahkan kepada yang bersangkutan, datanya sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi yang sebenarnya.

Untuk mengubah menjadi status kawin, yang bersangkutan harus menunggu setidaknya sampai Agustus mendatang,” terang Kepala Dispendukcapil Kabupaten Grobogan Rohadi didampingi Kabid Kependudukan Masrikan, Sabtu (18/5).

Dijelaskan Rohadi, pihaknya tidak berani menjanjikan perbaikan data dalam waktu yang singkat. “Seperti kita ketahui, E-KTP dicetak oleh Kemendagri. Selama ini kita tidak bisa mencetak sendiri. Kita baru diberi kebijakan untuk mencetak sendiri pada Agustus mendatang, sehingga akan lebih efektif jika kita melayani perubahan data pada bulan tersebut,” ujarnya.

Perubahan data, lanjut Rohadi, tidak hanya sebatas penggantian status tidak kawin menjadi kawin. Tetapi, seluruh data lain yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya bisa diubah dengan menunjukkan data-data yang valid. “Misalnya jika hendak mengubah status tidak kawin menjadi kawin, ya harus menunjukkan surat nikah,”  jelasnya.

Rohadi menegaskan, proses pembuatan E-KTP mulai dari perekaman hingga pendistribusian tidak dipungut biaya. “Warga jangan mau jika dimintai biaya, karena semuanya sudah dibiayai oleh pemerintah,” tegasnya.

Hingga 18 Mei 2013, jumlah total rekam E-KTP di Kabupaten Grobogan sebanyak 875.850, yang sudah jadi sebanyak 839.598, yang sudah didistribusikan sebanyak 640.314, yang rusak sebanyak 311, dan yang sedang dalam proses aktivasi sebanyak 198.973. (nur/jpl)

Tags

Related posts

*

*

Current ye@r *

Top