Sepanjang Tahun 2012-2013, 42 Anggota KPU dan Bawaslu Dipecat

nur editan

Semarang- Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP)  pada tahun 2012-2013 telah memecat sebanyak 42 anggota KPU dan Bawaslu di seluruh Indonesia. Pasalnya, dari semua oknum yang dipecat telah terbukti melakukan pelanggaran kode etik terkait pemilu dan pilkada.

Anggota DKPP,  Nur Hidayat Sardini mengatakan, dari data yang ada di DKPP, pada tahun 2012 mencatat sebanyak 90 perkara dalam skala nasional. Dari 90 perkara tersebut telah diberhentikan sebanyak 31 orang.

“Pemberhentian ataupun pemecatan tersebut dilakukan oleh anggota KPU dan Panwaslu terkait pencalonan, dan jumlah terbanyak yang dipecat adalah anggota KPU, “ terangnya.

Sedangkan di tahun 2013, DKPP telah memproses sebanyak 67 anggota. Hingga bulan Maret ini, lanjut Nur, DKPP telah melakukan pemecatan terhadap  11 anggota KPU yang juga melanggar kode etik. Catatnya, 3 orang dari daerah gorontalo, 5 orang Kabupaten Puncak dan 3 orang anggota KPU Bengkulu.

“Melihat dari jumlah yang ada, sampai bulan Maret aja sudah begitu banyaknya pengaduan, saya memprediksi akan meningkat untuk bulan selanjutnya, “ tambah Nur Hidayat.

Ia melanjutkan, mengenai  proses yang dilakukan oleh DKPP sendiri melalui beberapa tahapan, di antaranya, dari proses putusan lanjut di jalan persidangan dan terakhir jika telah fatal dan terbukti , maka dilakukan pemecatan.

“Pelanggaran yang paling banyak dilakukan mencakup dua hal. Pertama, keberpihakan dan terbukti dengan sengaja memihak salah satu calon dengan motif tertentu. Kedua, penghilangan hak, seperti contohnya  saat syarat calon terpenuhi tetapi secara sengaja dikesampingkan oleh pihak yang bersangkutan, “  tamahnya.

Demi mengurangi semakin banyaknya pelanggaran oleh anggota KPU ataupun Bawaslu di seluruh Indonesia, Nurhidayat menagaku bahwa pihaknya secara tegas melakukan bimbingan terkait elektabilitas Badan Penyelenggara Pemilu. Secara teknis pemberian pesangon ataupun uang kehormatan kepada anggota di masing-masinmg daerah harus lebih mencukupi.(roy/fra)

Tags

Related posts

*

*

Current day month ye@r *

Top