BI : Sepanjanng Maret, Beras Menjadi Penghambat Laju Inflasi

beras-bulog editan

Semarang- Kantor Perwakilan BI Wilayah V menyatakan, stabilnya harga beras di Jawa Tengah, menjadi penghambat laju inflasi di bulan Maret 2013 di Provinsi ini.
Berdasarkan informasi dari Bulog Divre Jateng, stok beras pert tanggal 15 Maret 2013, mencapai 169.290 ton. Ketersediaan beras di Bulog Divre Jateng ini, diprediksi akan cukup sampai dengan bulan Juli 2013.

Sementara, untuk membantu menjaga kestabilan harga beras, distribusi beras raskin sudah mencapai 90.764 ton atau,setara dengan 81% pagu penyaluran raskin triwulan I.

Dengan terjaganya harga beras, menghambat laju inflasi di Jawa Tengah pada bulan Maret 2013.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah V, Joni Swastanto mengungkapkan, harga beras yang stabil, menjadikan laju inflasi dapat terkendali.

“Meskipun sebenarnya, laju inflasi Jawa Tengah mencapai 0,92% di bulan Maret 2013, tetapi beras menjadi faktor menghambat inflasi”, ujarnya.

‪Dari catatan yang ada dari Tim Pemantau dan Pengendali Harga Jateng, harga komoditas berbagai jenis beras di sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang cukup stabil.

Sejak sepekan kemarin, harga beras mengalami penurunan, karena banyaknya daerah penghasil beras yang panen raya.

Harga beras saat ini untuk jenis Mentik Wangi misalkan,mencapai Rp8.500-8.600 per kilogram, sedangkan Bramo tetap diharga 8.000 per kilogramnya.

Sementara harga beras dengan kualitas sedang, yakni C4 super stabil di harga 7.600-7.700 per kg, beras C4 biasa sekitar 7.200 per kg. (ris/fra)

Tags

Related posts

*

*

Current day month ye@r *

Top