Kebijakan Impor Sapi Tetap Dilakukan Pemerintah

sapi potong

Grobogan – Menteri Pertanian Suswono  menyatakan, Pemerintah akan tetap melakukan kebijakan impor sapi dari luar negeri untuk memenuhi kekurangan kebutuhan sapi di Indonesia.

sapi 3

MenteriPertandian saat melakukan dialog dengan pedagang sapi di pasar Kliwon, Wirosari Kabupaten Grobogan, Kamis (7/3)

Kebijakan impor sapi ini dilakukan untuk  menutupi kekurangan kebutuhan industri dan usaha catering.

Hal itu diungkapkan, oleh Suswono dalam kunjungannya,di pasar Kliwon, Wirosari, Kabupaten Grobogan, Kamis (7/3). Dalam kunjungan tersebut, suwono juga melakukan dialog langsung dengan para pedagang sapi dipasar Kliwon.

Kunjungan dilakukan di Grobogan karena selama ini pasar sapi Kliwon Wirosari merupakan salah satu pasar sapi terbesar di Jawa Tengah yang mampu menjual sapi kisaran 300 hingga 400 ekor setiap pasaran.

Dalam kesempatan tersebut, para pedagang mengeluhkan akan kebijakan pemerintah yang hendak melakukan Impor sapi karena akan mempengaruhi  anjloknya harga sapi ditingkatan lokal, padahal saat ini harga sapi dipasaran stabil yang mencapai kisaran Rp 6juta per ekornya.
Menurut Suswono,  kebijakan Impor akan dilakukan selama populasi sapi di Indonesia masih kurang. saat ini populasi sapi secara Nasional pada tahun 2011 mencapai 11,8 juta ekor sapi potong. Sedangkan, target pemerintah adalah 15 juta ekor sapi potong.

“Sehingga untuk kebutuhan Nasional daging sapi masih kurang karena dari perhitungan hanya mampu menghasilkan 2,4 juta sapi potong,’’ujarnya.

Dengan masih kurangnya kebutuhan sapi potong pemerintah akan melakukan kebijakan impor, namun hanya untuk mencukupi kebutuhan  kekurangan industri dan catering. Sementara untuk kebutuhan daging di tingkat lokal akan dicukupi sapi lokal.

Meski akan melakukan impor Pemerintah tetap akan memperhatikan konsumen dan pedagang kecil. (dwi/jpl)

Berita Lainnya

*

*

Current ye@r *

Top