Tersangka Korupsi JLS, Mantan Walikota Salatiga Ditangkap

JOHN MANOPO

Semarang - Jhon Manopo (Mantan wali kota Salatiga) resmi ditangkap oleh jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Disreskrimus) Polda Jateng. John ditangkap di kantor pengacaranya di jalan Imam Bonjol, Salatiga, pada Selasa (13/11) siang tadi.

Direktur Kriminal Khusus Kombes Pol Mas Guntur Laupe mengatakan, John manopo ditangkap terkait dengan kasus Jalur Lingkar Selatan (JLS) Salatiga. Penangkapan tadi dilakukan di kantor pengacaranya Heru Wismanto di Salatiga dan langsung di bawa ke RS Bhayangkara untuk dilakukan pengecekan Kesehatan.

“Ia ditangkap karena terlibat kasus Jalur lingkar selatan (JLS) Salatiga, seusai kita tangkap dikantor pengacaranya lalu kita bawa ke RS. Bhayangkara untuk chek medis,” ujarnya.

Penangkapan itu dilakukan dengan lancar. Tetapi pada Saat dilakukan penangkapan Jhon beralasan sakit. Ternyata, ketika diperiksa di RS. Bhayangkara  Jhon dinyatakan sehat oleh tim dokter Polda Jateng.

“Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter RS. Bhayangkara, ternyata hasilnya John Manopo sehat dan tidak ada tanda-tanda terkena penyakit berat,” tambahnya.

Setalah di RS. Bhayangkara, Jhon langsung dibawa ke Ditreskrimus untuk menyelesaikan administrasi.

“Ia akan ditahan di rutan Polda Jateng,” pungkasnya.

Sementara itu John Manopo mengatakan bahwa dirinya merasa ada keluhan sakit pada saat dilakukan penangkapan oleh aparat Kepolisian, pihaknya mengaku sakit diabetes dan batu ginjal.

“Saya mempunyai riwayat sakit diabetes dan batu ginjal, dan itu terasa kembali saat dilakukan penjemputan,” ujar John Wanopo.

Sementara itu Heru Wismanto, pengacara tersangka, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengajukan penangguhan penahanan atas kliennya, supaya prosesnya cepat selesai.

“Kita tidak mengajukan penangguhan penahanan. Supaya cepet selesai, ikuti saja,” ujarnya.

Seperti diketahui, kasus (JLS) Salatiga itu terjadi pada 2008 silam. Titik Kirnaningsih yang berposisi sebagai Direktur PT Kuncup di jalan Merdeka Selatan III/9 Salatiga sebagai  pelaksana pekerjaan jalan lingkar Selatan kota Salatiga TA 2008 paket STA 1 + 800 s/d STA 8+350 berdasarkan Surat Perjanjian Kontrak Kerja Nomor : 602.2/663/2008.

John Manopo terseret dalam kasus jalan lingkar Salatiga dikarena saat menjabat sebagai Wali Kota Salatiga, pihaknya berposisi sebagai pejabat yang berwenang untuk menunjuk pemenang tender yaitu PT Kuntjup dengan direktur Titik Kirnaningsih.

Bersama kepala PU Saryono, pekerjaan jalan tersebut terindikasi menyebabkan kerugian negara sekitar Rp 12 Miliar yang terdiri atas pekerjaan drainase yang kerugian negara sekitar Rp 200 juta, dan pekerjaan tanah yang mencapai Rp 12.026.520.922. Jhon mannopo sebagai pengambil kebijakan. (ham/bye)

*

*

Current ye@r *

Top