Puluhan Warga Klaten Keracunan Nasi Kotak Hajatan

nasi kotak

Klaten- Puluhan warga yang tersebar di tiga desa Kecamatan Bayat, Klaten, Jateng Kamis(8/11) mengalami keracunan makanan nasi kotak, dari  seorang warga di Dukuh Bendorejo, RT 01/RW 01, Desa Bogem, Kecamatan Bayat, Klaten yang menggelar hajatan.
Ketiga desa yang puluhan warganya keracunan itu diantaranya Desa Bogem, Nengahan, dan Paseban. Sampai malam ini belum ada korban jiwa akibat keracunan itu, namun dimungkinkan korban keracunan yang dilarikan ke Puskesmas Bayat akan terus bertambah.

Dari hasil informasi yang dihimpun kabar17.com, puluhan warga mengalami keracunan karena sebelumnya menyantap nasi kotak yang dibagikan usai peringatan atau selamatan hajatan delapan tahun kematian suami seorang warga di Bendorejo.

Akhirnya, Kamis(8/11) siang mulai pukul 12.00 WIB hingga malam ini, satu persatu warga mengalami kondisi parah. Rata-rata mereka lemas akibat mual,pusing, muntah-muntah dan buang air besar. Sehingga mereka kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Warga satu per satu dilarikan ke puskesmas setempat.

“Ada ratusan kardus yang dibagikan, untuk sementara ini baru 50 warga yang masuk ke puskemas,” tegas Camat Bayat, Edy Purnomo saat dikonfirmasi kabar17.com Kamis (8/11).

Selain dilarikan ke Puskesmas Bayat, warga yang mengalami keracunan juga dilarikan ke Puskesmas Cawas. Sebab, Puskesmas setempat tidak sanggup dan kewalahan karena banyaknya warga yang mengalami keracunan.

“Kami meminta para kepala desa dari tiga desa tersebut untuk berkeliling memantau warganya yang kemungkinan belum mendapatkan pengamanan akibat keracunan. Puskesmas Trucuk juga saya minta untuk bersiap-siap. Jika nanti korban keracunan bertambah. Saya mengimbau warga yang berusia balita untuk lebih diutamakan. Pencarian warga yang mengalami keracunan masih terus dilakukan,” jelasnya.

Selama proses evakuasi warga yang membutuhkan pertolongan pihak kecamatan juga melibatkan  Tim Search And Rescue (SAR) dan PMI Klaten di lokasi dengan membawa perlengkapan dan sebanyak tiga ambulance warga dilarikan ke puskesmas. (wto/fra)

*

*

Current day month ye@r *

Top