Pernerbad Dirikan Patung Letnan Jenderal Ahmad Yani

PATUNG AHMAD YANI 1

Semarang – Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Semarang dalam rangkaian memperingati hari ulang tahun angkatan Udara yang ke-53 melaunching patung Letnan Jendral Ahmad Yani (Pahlawan nasional Indonesia).

Ahmad Yani juga menjadi nama Bandara Internasional di Kota Semarang. Pada launching patung yang berada di Komplek Bandara itu dihadiri langsung olah anak-anak Letjend Ahmad Yani pada Jum’at (23/11).

Dalam sejarah, Letjend Ahmad Yani merupakan salah satu pahlawan nasional yang berjuang menumpas penjajahan yang ada di Indonesia. Letjend Ahmad Yani juga berhasil memimpin berbagai operasi militer seperti Persemesta, Negara Boneka Malaysia, dan Penumpasan PIPI.

Dalam acara tersebut, Komandan Lanud Penerbad, Kol CPN Catur Pudji Santoso dalam sambutannya mengatakan bahwa cita-cita Jenderal Ahmad Yani sangat mulia, jadi Lanud Semarang sejak bulan Agustus Tahun 2011 sudah bersiap untuk mengenang jasanya dengan pembuatan Patung di Komplek Bandara Ahmad Yani Semarang.

“Patung Letnan Jendral Ahmad Yani sengaja kami buat untuk menghormati jasa-jasa beliau, kami meletakkannya di Kompleks Bandara Ahmad Yani, tepatnya di depan Batalyon Lanud Angkatan Darat,” ujarnya.

Sementara itu komandan pusat Angkatan Darat, Brigjend Affifudin SE, MM.M, Sci dalam sambutannya mengatakan bahwa ia bangga dengan apresiasi teman-temannya akan jasa-jasa pahlawan Indonesia.

“Saya bangga dengan prajurit di kesatuan ini, kami harap para prajurit bisa meniru langkah-langkah Jenderal Ahmad Yani,” ujarnya

Pihaknya juga mengatakan patung itu bisa berdiri berkat perjuangan moril dan materil sehingga bisa tepat pada waktunya, ia juga memohon ijin kepada pihak keluarga yang diwakili oleh Ibu Amelia, anak ketiga dari Jenderal Ahmad Yani karena keinginan Lanud untuk mengabadikan perjuangan beliau.

“Kami memohon ijin kepada pihak keluaga atas pembangunan patung tersebut, adanya patung itu saya berharap para prajurit dapat mengabdi pada negara seperti pengabdian beliau yang tulus kepada negara,” tambahnya.

Latar belakang pembangunan patung tersebut didasari dari sejarah panjang keberadaan lapangan terbang Ahmad Yani di Semarang.

Sementara itu Amelia, anak ketiga Letjen Ahmad Yani mengatakan bahwa pihak keluarga berterimakasih atas pembangunan Patung tersebut.

“Kami sekeluarga berterima kasih atas pembangunan patung ini, saya juga membuat buku perjuangan dari awal sampai masa akhir beliau,” ujarnya.

Amelia juga mengatakan susah senangnya menjadi putri Jenderal Ahmad Yani, dulu ia  sempat tidak sekolah karena Bapak telah tiada di peperangan.

“Jujur dalam keluarga kami kalau mau sekolah harus menabung sampai sekian lama, sehingga bisa sekolah.¬†Perjuangan beliau patut dikenang, sosok patriot perjuangan yang sangat gigih dalam memperjuangkan Negara ini,” tambahnya. (ham/bye)

*

*

Current ye@r *

Top