Ray Sahetapi Pimpin Deklarasi World Bamboo Day di Borobudur

RAY SAHETAPI

Magelang - Artis dan aktor kawakan, Ray Sahetapi secara tiba-tiba muncul pada puncak acara World Bamboo Day (Peringatan Hari Bambu se-Dunia) di Kawasan Mandala Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng Selasa (18/9) siang.

Secara spontan, Ray Sahetapi muncul dan didaulat oleh panitia penyelenggara peringatan Hari Bambu se-Dunia untuk memimpin pembacaan Deklarasi “Gerakan Kebangkitan Bambu Nusantara 18 September 2012″.

Sontak, sekitar 200-an peserta acara peringatan hari bambu sedunia yang bertemakan “Tanam Bambu Untuk Kesejahteraan Berkelanjutan” ini terkejut dengan kehadiran artis senior ini. Bahkan, beberapa peserta khususnya ibu-ibu meminta untuk foto bersama disela-sela acara peringatan hari Bambu se-Dunia ke VIII ini.

Namun, selama acara berlangsung Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Gubernur Jateng Bibit Waluyo beserta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) Sri Sultan Hamengkubuono X  tidak hadir. Demikian juga dengan Bupati Magelang Singgih Sanyoto juga tidak hadir dan hanya diwakilkan.

Hadir dalam peringatan acara itu, Jayeng Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan PT. Taman Wisata Candi Borobudur (PT.TWCB) Magelang, Imam Susilo Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kehutanan(Kemenhut), Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Propinsi DIY Achmad Dawam, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Propinsi Jateng Oman Djuharna.

Dalam Deklarasi “Gerakan Kebangkitan Bambu Nusantara 18 September 2012″ intinya berisi tentang beberapa upaya untuk melakukan kegiatan pelestarian bamboo di Indonesia. Sebab, bamboo saat ini sudah terancam habitatnya dan kelestarianya di Indonesia.

“Upaya-upaya itu diantaranya melakukan gerakan penanaman seribu bamboo, menjadikan bamboo sebagai soko guru ekonomi kerakyatan, mengupayakan rekayasa teknologi pengelolaan bamboo, membudayakan bambu didalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan program pemulihan lingkungan berbasis bambu,” ungkap Ray Sahetapi.

Usai pembacaan Deklarasi, beberapa pejabat Kemenhut, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Propinsi Jateng-DIY melakukan penanaman benih pohon bambu yang dilakukan di Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng.

Acara kemudian ditutup dengan temu usaha dari beberapa lapisan masyarakat yang peduli bambu diantaranya para petani bamboo dari seluruh Jateng-DIY, penyuluh pertanian bamboo dan pelaku usaha bambu di Jateng-DIY ini. (wto/bye)

*

*

Current ye@r *

Top