Wasit dan Pewarta Diajar Aturan Sepak Bola

workshop sepak bola

Semarang – Untuk meningkatkan pemahaman tentang rule atau aturan dalam pertandingan sepakbola. PSSI Jateng bekerjasama dengan SIWO PWI Jateng mengadakan Workshop Organisasi Sepakbola dengan tema “LAWS OF THE GAME”.

workshop sepak bola

Dalam Workshop ini, menghadirkan Ketua  Pengprov PSSI Jateng Johar Ling Eng, wasit nasional bersertifikat FIFA dan merupakan wasit andalan Indonesia yakni Jimmy Napitupulu dan Purwanto. Dalam Workshop kali ini diikuti oleh sebanyak 50 wartawan olahraga yang ada di kota Semarang.
Workshop banyak membicarkan tentang peraturan dlam pertandingan, termasuk pemahaman terhadap 17 pasal yang ad di aturan FIFA dalam perwasitan sepakbola. Koreksi terhadap tindakan  wasit atau asisten wasit dlm pertandingan.
Menurut Wasit Nasional, Jimmy Napitupulu, seorang wasit Harus bersikap tegas dalam memimpin pertandingan, sesuai rule,  memberi sanksi ke pemain, apakah pelanggaran atau tidak, mengeluarkan kartu kuning bahkan berhak mengeluarkan kartu merah bagi pemain.

Dalam peraturan pertandingan seorang wasit harus mempunyai  keberanian tanpa intervensi dari siapapun sesuai dengan aturan FIFA.

Untuk pewarta berita, khususnya untuk wartawan olahraga, hal ini sangat penting sekali karena dengan adanya pemahaman yang lebih baik tentang rule sepakbola dan aturannya, akan memunculkan sebuah kesimpulan terhadap apapun keputusan yang ad di lapangan bola, sehingga saat membuat tulisan, dapat  mengulasnya dengan detail, baik
dan sesuai aturan FIFA. (rdy/jak)

*

*

Current ye@r *

Top