Video “Sumpah Pocong” Gegerkan Warga Magelang

video sumpah pocong magelang 004

Magelang – Warga Dusun Prajenan, Desa Prajenan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jateng Sabtu (16/6) gempar. Pasalnya, beredar video ritual sumpah pocong yang dilakukan oleh dua warganya.

video sumpah pocong magelang

Video sumpah pocong itu dilakukan di dalam rumah milik Undang Sunadi (41) oleh adik wanitanya, Kiam Limansari (36) bersama tetangga desanya Kelik (40). Sumpah pocong dilakukan karena mereka difitnah melakukan perbuatan zina atau selingkuh oleh suaminya sendiri Supriyono(40) warga Dusun Mantenan .

Video berdurasi dua menit itu menunjukan bagaimana ritual sumpah pocong itu dilakukan. Keduanya Kiam dan Kelik dipimpin oleh ulama ternama di Kabupaten/Kota Magelang KH Muhammad Yusuf Chudlhori pimpinan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jateng.

Dalam posisi terbujur, dengan ditutupi selembar kain kafan keduanya dituntun oleh Gus Yusuf (panggilan KH Muhammad Yusuf Chudlori) mantan Ketua Dewan Tanfidz PKB Jateng itu didahului dengan mengucap dua kalimat syahadat. Lalu dilanjutkan dengan pengucapan sumpah oleh keduanya.

“Asyhadualailahailallah. Wa’asyhaduanna Muhammad rosulullah. Bismillahi, Wallahi, Khallahi, Demi Allah, Demi Al Qur,an kulo bersumpah menawi kulo bener-bener melakukan zina selingkuh kalihan mas Kelik kulo sanggup nyowo kulo dijabut dalam waktu seratus hari. Kulo nyuwun pengadilan kalihan pangeran ingkang seadil-adilnya tiyang ingkang mitnah kulo,” ” ucap Gus Yusuf diikuti keduanya.

Setelah itu, Yusuf menutup sumpah pocong itu. Menurut Undang Sunadi, pemilik rumah sekaligus kakak Kiam Limansari adik perempuanya rela melakukan sumpah karena sudah dituduh dandifitnah oleh suaminya Kelik beserta mertuanya. Hal ini menjadi beban mental serta nama baik keluarganya karena fitnah telah tersebar dantersiar di seluruh kampung tempatnya tinggal.
Peristiwa sumpah sumpah pocong yang berlangsung Sabtu (16/6) sekitar pukul 14.00 WIB hanya beberapa menit itu ditonton oleh ratusan warga sekitar dengan disaksikan oleh pihak keluarga dan beberapa tokoh masyarakat diantaranya Musanto, Sutrisno dan Ulama Desa Muhammad Solichin. (wto/bye)

*

*

Current day month ye@r *

Top